Sabtu, 30 Oktober 2010

Brownies Kukus Putih Telur...

Sudah banyak pujian dari yg makan brownies ini..*gaya* hehehe.. soalnya teksturnya lembut dan gak terlalu berminyak seperti brownies kukus yg pake telur utuh...udah gitu, lebih sehat, soalnya hanya menggunakan putih telur saja....:)

Kebetulan ada sisa putih telur abis bikin snack box kemaren... ada sekitar 250 ml putih telur. Nah, kalo di resep... saya menggunakan resepnya Ny. Liem dari buku "Variasai Brownies Kukus".. bahannya menggunakan putih telur 750 ml... jadi saya bikin cuma 1/3 resep saja...:) jadi ntar kalo mau buat 1/3 juga..dibagi 3 semua yah..^__^


Brownies Kukus1


BROWNIES KUKUS PUTIH TELUR
By Ny. Liem

Bahan I :
750 ml putih telur
375 gr gula pasir
20 gr cake emulsifier (tbm/sp/ovalet)

Bahan II :
275 gr tepung terigu protein sedang
75 gr cokelat bubuk
1 sdt BP
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan III (cairkan):
200 gr DCC
250 ml minyak sayur

Bahan IV (cairkan) :
150 gr DCC (aku g pake, tapi kuganti ama meises)

Cara Membuat :
1. Bahan I : Kocok putih telur hingga 1/2 mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Tambahkan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
3. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam loyang ukuran 24x24x7cm (krn aku bikin 1/3 resep pake loyang 18x18x7cm) yg terlebih dulu dialasi kertas roti.
4. Kukus ke dalam panci pengukus selama 20 menit hingga matang. Tuang bahan IV, ratakan. (jangan lupa panaskan kukusan dahulu sebelum mengocok adonan, beri serbet pada tutupnya, gunakan api sedang)
5. Tuang sisa adonan diatas bahan IV, ratakan. Kukus kembali selama 25 menit hingga matang. (lakukan tes tusuk)
6. Angkat dan dinginkan.


 Brownies Kukus2


Kalo di gambar, itu bagian tengah lapisannya kukasih keju...soalnya meisesnya tinggal dikit...hehehe...tapi, rasane enak juga, manis plus asin keju....nyam!! ^__^

Pas di bawa kekantor ama adekku.. temennya ada yg bilang, "Mba, browniesnya enak, terasa kopinya." Lho? emang ada bahan kopinya? wkwkwk.... 

Yasud, monggo dicobain yah...^____^

1 komentar:

Fifi's Cake and Catering mengatakan...

Salam kenal mb santi,
Klo takaran resep semua di bagi 3, sy mau tanya utk waktu ngukusnya gmn? Apa persis dgn resep?